Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Minggu

TIPS PUASA UNTUK IBU HAMIL



Bulan puasa adalah bulan penuh rahmat, dimana Wahyu Al Quran turun pertama kali melalui rasulullah SAW Di gua Hira. Dibulan tersebut semua umat muslim didunia melaksanakan ibadah puasa dan berlomba – lomba untuk melakukan kebaikan dan memaksimalkan ibadah. Bulan puasa sangat istimewa bagi umat muslim karena setahun hanya sekali dan pada bulan tersebut semua amal kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya. Tak heran jika semua umat muslim menunggu hadirnya bulan bulan suci ramadhan.

Puasa bulan ramadhan adalah puasa wajib, jika tidak dilakukan maka berdosa. Namun ada beberapa golongan yang memperoleh keringan untuk tidak berpuasa dan dapat menggantinya di bulan lainnya atau membayar fidyah diantaranya : wanita hamil dan menyusui, musyafir, orang sakit dan lanjut usia.

Islam tidak mewajibkan wanita hamil untuk berpuasa kecuali jika yang bersangkutan kuat dan tidak membahayakan kondisi calon bayi tentunya hal itu berdasarkan pemeriksaan dokter terhadap kondisi fisik ibu hamil yang bersangkutan.

Jika kondisi fisik sehat, kuat dan berdasarkan pemeriksaan dokter aman untuk calon bayi dan dirinya maka wanita hamil wajib untuk berpuasa. Namun jika kondisi fisik ibu hamil lemah atau ada riwayat penyakit yang berbahaya jika berpuasa maka tidak wajib baginya untuk berpuasa. Puasa bisa diganti saat bayi sudah lahir atau jika tidak memungkinkan dapat membayar fidyah.

Jika ibu hamil kuat dan sehat untuk berpuasa berikut ada tipsnya supaya puasanya berjalan lancar :
1.   Niat yang kuat untuk berpuasa,ini adalah salah satu edukasi dini untuk calon bayi yang ada didalam kandungan
2.   Saat saur makan makanan yang mengandung banyak protein misalnya daging, ikan atau protein nabati : tempe tahu, kacang – kacangan. Protein sangat baik untuk ibu hamil supaya tidak cepat merasa lapar
3.   Perbanyak minum air putih dan buah – buahan yang mengandung vitamin C
4.   Hindari aktivitas fisik yang berlebihan saat puasa. Gunakanlah waktu siang untuk istirahat misalnya : tidur siang
5.   Saat berbuka, berbukalah dengan yang manis dan hangat
6.   Makanlah karbohidrat yang cukup saat berbuka puasa
7.   Senantiasa berpikir positif

Insyaallah dengan tips diatas puasa akan berjalan lancar, ibu dan anak sehat selalu. Puasa tidak akan menjadi kendala bagi ibu hami dan calon buah hati.



bisnis baru ustad yusuf mansur