Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Kamis

KEUTAMAAN MENIKAH

Ada beberapa keutamaan menikah, diantaranya adalah sebagai berikut.
1.       Pernikahan memberikan rasa tenteram, kasih dan sayang.
“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar-Ruum [30]:21)

2.       Pernikahan memberikan kepastian nasab dan memelihara kelestariannya.
“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An-Nisa [4]:1)

3.       Pernikahan memelihari martabat seorang perempuan.
“...(Dan dihalalkan mengawini wanita-wanita yang menjaga kehormatan) diantara wanita-wanita tyang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al-Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barang siapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari Kiamat termasuk orang-orang merugi.” (QS Al-Maidah [5]: 5)

Perempuan yang terikat dalam pernikahan memiliki jaminan hukum yang jelas dan perlindungan sosial yang tegas. Dari sisi sosial, ia akan mendapatkan perlindungan dari  masyarakat apabila suaminya bertindak semaunya terhadapnya. Inilah keutamaan pernikahan bagi wanita.

4.       Pernikahan dapat mencegah moral yang tidak baik dalam pergaulan antara perempuan dan laki-laki.
“Wahai para pemuda, siapa diantara kalian yang telah memiliki kemampuan (menikah), hendaklah ia menikah karena menikah itu mampu menundukkan pandangan dan menjaga farji. Maka, barang siapa yang belum mampu (menikah) hendaknya ia berpuasa. Hal ini karena puasa itu memberikan kemampuan untuk menahan syahwat.” (HR Jamaah)

5.       Menikah adalah sumber pertolongan dan kasih sayang Allah Swt.
“Ada tiga golongan yang sudah pasti akan ditolong Allah, yaitu (1) orang yang menikah dengan maksud untuk menjaga kehormatan diri; (2) seorang hamba mukatab yang berniat akan menunaikan; dan (3) seorang yang berperang di jalan Allah.” (HR Ahmad, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Al-Hakim)

6.       Pernikahan menjadikan hubungan laki-laki dan perempuan (suami istri) menjadi sumber ibadah dan pahala.

“Sesungguhnya, apabila seorang suami memandang istrinya (dengan kasih dan sayang) dan istrinya juga memandang keduanya dengan pandangan kasih dan sayang. Dan apabila seorang suami merengkuh jemari istrinya dengan mesra maka bergugurkanlah dos-dosa dari segala jemari keduanya.” (HR Maisarah bin Ali dari Ar-Rafi’ dari Abu Sa’id Alkhudzri ra.)



bisnis baru ustad yusuf mansur