Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

TIPS MENJAGA BAU MULUT SAAT PUASA RAMADHAN

Mulut adalah media untuk komunikasi, jika mulut mengeluarkan bau tidak sedap maka dapat mengganggu dalam komunikasi. Bau mulut akan membuat anda merasa tidak nyaman, minder (tidak percaya diri) dan lawan bicara anda juga akan merasa tidak nyaman bicara dengan anda. Bau mulut bukan masalah sepele jadi harus benar - benar diperhatikan supaya tidak menjadi hambatan dalam komunikasi anda atau karir anda.

Ada beberapa penyebab bau mulut diantaranya : adanya bakteri dimulut yang menyebabkan bau tidak sedap, adanya penyakit dalam misalnya ginjal, dan karena kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan bau tidak sedap dimulut.

Saat Puasa bau mulut juga menjadi tidak sedap karena kita tidak makan dan minum selama 13 jam sehingga mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Rasulullah SAW Bersabda "sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi disisi Allah pada hari kiamat daripada wangi kasturi" (HR.Bukhari No. 1904 dan Muslim No.1151).

Walaupun dalam hadist diatas bau mulut orang berpuasa itu lebih wangi dari kasturi dimata Allah bukan berarti kita membiarkan bau mulut kita mengganggu kominikasi. Dalam agama juga disunahkan untuk bersiwak saat berpuasa supaya kesehatan mulut tetap terjaga dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Berikut ada beberapa cara untuk menghilangkan / mengurangi bau mulut saat berpuasa :
1. Menjaga kebersihan gigi dengan cara menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan sahur supaya kebersihan mulut terjaga dengan baik. saat menggunakan cairan pembersih mulut gunakanlah pembersih dengan kadar alkohol < 25% karena kalau lebih dari 25% dapat menyebabkan kanker rongga mulut.

2. memeriksakan gigi secara rutin. hal ini dilakukan untuk memelihara kesehatan gigi dan membersihkan karang gigi. jika gigi bersih insyaallah tidak ada bau mulut.

3. memberbanyak konsumsi buah saat buka puasa dan sahur. jenis buah - buahan yang dapat mengurangi bau mulut : apel, wortel, bengkoang dan minumlah teh hijau yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

4. Memperbanyak minum air putih saat buka puasa. kebutuhan tubuh adalah 8 gelas / hari olehkarena itu aturlah waktu antara buka puasa dan sahur untuk mencukupi kebutuhan air putih tersebut.

5. Minum yogurt saat buka puasa. yogurt baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan dapat mengurangi bau tidak sedap pada mulut.

6. Mengurangi merokok / stop merokok. selain merokok tidak baik untuk kesehatan, juga membuat warna gigi menjadi kuning bahkan hitam dan bau mulut tidak sedap.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan selamat tinggal bau mulut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar