Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

KHITAN ADALAH KEWAJIBAN

Dahulu, ketika alat khitan atau sunat belum semodern ini, khitan menjadi momok yang amat menakutkan bagi anak-anak. Bagaimana tidak, tindakan khitan zaman dahulu masih menggunakan bilah bambu tajam yang bisa membuat bulu kuduk meremang. Belum lagi rasa sakit yang dialami setelah berkhitan. Akibatnya, orangtua harus mencari akal agar anak mereka mau dikhitan.

Berbagai cara pun ditempuh orangtua, mulai dari mengiming-imingi hadiah hingga harus memaksa anak. Kini, peralatan khitan makin canggih hingga bisa meminimalkan rasa sakit atau bahkan menghilangkannya. Khitan pun tak lagi mengerikan. Saat ini, khitan bisa dilakukan dengan menggunakan laser. Khitan dengan laser memiliki kelebihan, yakni lebih cepat, pendarahan sangat sedikit, rasa sakit hanya sedikit, aman, lekas sembuh, dan secara estetika, hasilny lebih baik.

Terlebih, banyaknya cerita mengenai berkurangnya rasa sakit karena khitan di antara teman-teman anak, membuat orangtua tak perlu lagi memaksa anak mereka untuk dikhitan. Lalu, apakah sebenarnya khitan itu? Seberapa perlukah khitan?

Khitan merupakan proses menghilangkan seluruh atau sebagian kulit yang menutupi kepala penis atau dikenal dengan nama kulup pada organ intim pria. Dalam khitan, jaringan pada kepala penis dibuang. Kulup ini bisa menjadi tempat persembunyian kotoran, virus dan bakteri, serta bau tidak sedap yang berasal dari air seni. Bila kulup tidak dihilangkan, endapan kotoran yang biasa disebut smegma akan tertahan pada kulit yang menutupi alat kelamin. Endapan kotoran yang tertahan itu dapat menyebabkan infeksi pada penis serta kanker leher rahim pada perempuan yang disetubuhinya. Dengan khitan, najis dari air seni yang ada di sekitar kulup akan lebih mudah dihilangkan bersamaan dengan dibasuhnya kemaluan setelah buang air kecil.

Berdasarkan sejumlah dalil dari Al-Qur’an dan hadis, ulama dari empat mazhab, yaitu Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hambali memiliki pandangan yang sama terkait khitan. Mereka mengatakan bahwa khitan dianjurkan dalam agama. Baik bagi laki-laki maupun perempuan. Khitan merupakan bukti ketaatan seseorang kepada ajaran agamanya, selain menyehatkan dan menyucikan jasmani dan rohani seseorang. Rasulullah saw bersabda, “Kesucian (fitrah) itu ada lima; khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku.” (HR.Bukhari Muslim)

Khitan disunahkan dilakukan saat anak berusia tujuh hari karena Rasulullah melaksanakan khitan kedua cucunya pada hari ketujuh. Khitan sejak dini ini akan mengenalkan anak kepada aturan-aturan agama yang harus ditaatinya. Aturan agama yang ditaatinya ini akan memunculkan kesadaran bahwa dirinya adalah makhluk Allah Swt yang harus tunduk kepada-Nya dan berkorban atas perintah-Nya. Namun, pendapat lain menyatakan, khitan sebaiknya dilakukan saat anak berusia 7 sampai 10 tahun karena pada saat yang sama, seorang anak sudah mulai diperintahkan untuk menjalankan salat. Khitan ketika anak sudah memahami khitan ini akan meminimalkan trauma psikis



bisnis baru ustad yusuf mansur