Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Jumat

MENAMBAHKAN KALIMAT “RABIGFIR LI..” SEBELUM MENGUCAPKAN LAFADZ “AAMIIN”



Umumnya para makmum sering menambahkan kalimat “Rabighfir li..” sebelum lafadz “Aamiin” ketika imamnya selesai membaca Al-Fatihah. Bagaimana hukum menambahkan kalimat tersebut?

Hukum menambahkan kalimat “Rabighfir li..” sebelum membaca lafadz Aamiin  adalah sunnah. namun, hanya disunnahkan bagi orang yang membaca Al-Fatihah saja. Berarti, si makmum tidak disunnahkan menambahkan kalimat tersebut ketika  mendengar bacaan Al-Fatihah si imam. Ia baru disunnahkan menambahkan kalimat “Rabighfir li..” apabila ia sendiri yang membaca Al-Fatihahnya.

Keterangan tentang hal ini bisa kita dapati di dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin halaman 45, yang bunyinya sebagai berikut:
Tidak dianjurkan (disunnahkan) bagi makmum ketika imam telah selesai membaca Al-Fatihah untuk menugucapkan kalimat Rabighfir li..”( sebelum lafadz ‘Aamiin’). Makmum hanya disunnahkan mengucapkan ‘Aamiin’ saja (tanpa didahului kalimat “Rabighfir li...”). dan ucapan “Rabighir li...” hanya disunnahkan bagi orang yang membaca Al-Fatihah saja ( tidak bagi yang mendengarkan Al-Fatihah orang lain| imam).



bisnis baru ustad yusuf mansur