Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

MENGKHUSUSKAN PUASA PADA HARI JUMAT



Hukumnya makruh, kecuali jika ia berpuasa suatu hari sebelumnya atau satu hari sesudahnya. Ini jika pada hari itu (Jumat) bukan merupakan puasa yang biasa dilakukannya. Namun, jika hari itu merupakan puasa yang biasa dilakukannya, maka tidaklah makruh. Seperti puasa Nabi Daud ‘alaihis salam (seperti puasa sehari tidak puasa) yang kebetulan jatuhnya pada hari Jumat.

Dalil tentang hal ini disebutkan dalam kitab Mughnil Muhtaj juz 1 halaman 603, yang bunyinya sebagai berikut:
Dan dimakruhkan mengkhususkan puasa pada hari Jumat, karena sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, “Janganlah salah seorang dari kalian puasa pada hari Jumat, kecuali berpuasa satu hari sebelum atau satu hari sesudahnya.”

Untuk lebih melengkapi keterangan ini, saya akan menukilkan ‘ibarat (keterangan) di dalam kitab dan halaman yang sama, yang bunyinya sebagai berikut:
Perhatian! Tempat kemakruhan dalam mengkhususkan (puasa pada hari-hari) yang telah disebut adalah apabila tiada berbetulan dengan puasa yang biasa dilakukan, maka jika ia memiliki kebiasaan berpuasa, seperti ia terbiasa berpuasa satu hari dan berbuka satu hari (puasa Nabi Daud ‘alaihis sallam), lalu berbetulan puasanya itu dengan satu hari darinya ( hari-hari yang dilarang) niscaya tidak dimakruhkan puasa tersebut.



bisnis baru ustad yusuf mansur