Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

SHALAT JUMAT YANG JAMAAHNYA KURANG DARI 40 ORANG



Di antara syarat sahnya shalat Jumat adalah dilaksanakannya secara jamaah, yaitu muslim, laki-laki, mukallaf (baligh dan berakal), merdeka, dan tinggal menetap.

Keterangan mengenai hal ini disebutkan dalam kitab Kifayatul Akhyar juz 1 halaman 147, yang bunyinya sebagai berikut:
Dan di antara syarat sahnya shalat Jumat adalah dilaksanakan dengan berjamaah, karena bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, Khulafaurrayidin, dan orang-orang yang setelahnya tidak pernah dinukil dari mereka dan dari selain mereka bahwa mengerjakannya sendiri-sendiri. Kemudian syarat jamaahnya mencapai 40 orang.

Juga, disebutkan dalam kitab Fathul Mu’in pada hamisy kitab Tarsyibul Mustafidin halaman 117, yang bunyinya sebagai berikut:
Dan yang kedua (dari syarat-syarat sahnya shalat Jumat) adalah dilaksanakan oleh 40 orang dari orang-orang yang terbaring (sah) shalat Jumat dengan mereka, sekalipun orang sakit, dan (40 orang itu) termasuk imam.

Untuk lebih jelasnya, saya sebutkan apa yang tertera di dalam kitab Al-Muqaddimatul Hadhramiyyah pada hamisy kitab  Busyral Karim juz 2 halaman 5, yang bunyinya sebagai berikut:
Syarat sahnya shalat Jumat yang keempat adalah berjamaah, dan syarat jamaahnya adalah 40 orang Islam, laki-laki, mukallaf, merdeka, serta tinggal menetap.



bisnis baru ustad yusuf mansur