Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

TENTANG BANI ISRAIL YANG DIKUTUK MENJADI KERA



Bagaimana tafsiran firman Allah swt. dalam surah al-Baqarah yang berbicara tentang kutukan atas bani Israil sehingga menjadi kera.

Dalam QS. al-Baqarah [2]: 65-66, Allah swt. berfirman, Dan sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar di antara kamu pada hari Sabtu, lalu Kami berfirman kepada mereka, “Jadilah kamu kera yang hina terkutuk.” Maka Kami jadikan yang demikian itu penghalang (melakukan yang serupa) bagi orang-orang di masa itu, dan bagi mereka yang datang kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

Hari Sabtu adalah hari yang ditetapkan Allah swt. bagi orang-orang Yahudi—sesuai dengan usul mereka—sebagai hari ibadah yang bebas dari aktivitas duniawi. Mereka dilarang mengail ikan pada hari itu. Akan tetapi, sebagian dari mereka melanggar dengan cara yang licik. Mereka tidak mengail, tetapi membendung ikan dengan menggsli kolam sehingga air bersama ikan masuk ke dalam kolam itu. Peristiwa ini—menurut sementara munfasir—terjadi di salah satu desa di kota Aylah, Palestina. Kemudian setelah hari Sabtu berlalu, mereka mengailnya. Allah wst. Murka terhadap mereka, maka Dia berfirman kepada mereka, “ Jadilah kamu kera yang hina terkutuk.” Perhatian ini bukan perintah kepada Bani Israil untuk mereka laksanakan, melainkan perintah taskhir, yakni perintah yang menghasilkan terjadinya sesuatu. Anda ingat firman-Nya,  Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesutau hanyalah berkata kepadanya, “Jadilah!” maka terjadialah ia (QS. Yasin [36]: 82).
Tidak jelas, apakah  bentuk rupa mereka yang diubah menjadi kera atau hati dan pikiran mereka saja. Namun yang jelas, kisah ini populer di kalangan mereka sebagaimana diisyaratkan oleh pernyataan sesungguuhnya kalian telah mengetahui. Dalam ayat lain dijelaskan bahwa ada di antara mereka yang dijadikan kera dan babi (baca QS. al-Ma’idah [5]: 60).

Betapapun adanya perbedaan pendapat itu salah satu yang perlu digarisbawahi adalah binatang yang ditunjuk Allah swt. itu. Kera adalah satu-satunya binatang yang selalu terlihat auratnya karena auratnya memiliki warna yang menonjol dan berbeda dengan seluruh warna kulitnya. Di sisi lain, kera harus dicambuk untuk mengikuti perintah. Demikianlah, sebagian orang Yahudi yang dicekam oleh al-Qur’an. Mereka tidak tunduk dan taat kecuali setelah dijatuhi sanksi atau diperingatkan dengan ancaman.

Apa yang terjadi terhadap para pembangkang itu merupakan peringatan yang sangat berharga untuk dihindari oleh mereka yang tidak ditimpa sanksi tersebut, baik yang hidup ketika itu maupun generasi selanjutnya. Sekaligus, ia merupakan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. Sekali lagi, apakah Bentuk jasmani mereka yang diubah atau bukan, dewasa ini tidaklah terlalu penting untuk dibuktikan. Dua hal yang pasti adalah akhlak dan cara berpikir mereka tidak lurus. Oleh karena itu, setelah menjelaskan akibat dan tujuan sanksi Ilahi itu, kelompok ayat ini menggambarkan akal bulus dan kelicikan mereka, penyimpangan dan keraguan terhadap nabi,dan upaya mereka mengindari dari perintah Allah swt.



bisnis baru ustad yusuf mansur