Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Senin

HIKMAH IBADAH HAJI (Sa'i, Minum air Zamzam, Sa’i, melontar Jamrah, menyembelih kurban, Wukuf dan Bermalam di Mudzalifah)



Minum air Zamzam, Sa’i, melontar Jamrah dan menyembelih kurban
Kesemuanya ini adalah untuk mengenangkan kembali peristiwa sejarah Nabi Ibrahim as, dengan istri (Hajar) dan anaknya (Nabi Isma’il as) yang penuh mengundang unsur-unsur (nilai) pembinaan spiritual dalam rangka mengingatkan taqwa kepada (dijelaskan dalam uraian khusus).

Wukuf di Padang ‘Arafah
Suasana di sana sangat panas, berdesak-desak, dengan pakaian seragam ihram, ini dapat mengingatkan perkumpulan manusia di Padang Mahsyar nanti. Tetapi jangan dikira panasnya sama dengan di ‘Arafah ataupun hal-hal yang lain. Ini hanya sebagai gambaran kecil saja dibandingkan di Padang Mahsyar nanti. Sedangkan di Padang ‘Arafah kita sudah kepayahan apalagi kalau di Padang Mahsyar. Gambaran seperti uni diharapkan agar menginsyafkan kita untuk lebih meningkatkan aktivitas amaliyah, setelah kembali (selesai) menunaikan ibadah hajji, sampai sa’at kita dipanggil oleh Allah Swt (mati).

Saat sekarang ini suasana Arafah sudah lain, yaitu berubah menjadi padang yang menghijau, penuh dengan tumbuh-tumbuhan yang rindang. Namun hal ini tidaklah berarti dapat mengurangi dari tujuan hikmah semula.

Bermalam di Muzdalifah
Salah satu rahmat Allah, kepada orang yang tha’at kepada-Nya, maka dengan ke Maha Bijaksanaan-Nya, diwajibkan bermalam di Muzdalifah, gunanya adalah untuk beristirahat menjelang kita meneruskan perjalanan ke Mina untuk melontar Jamrah.


bisnis baru ustad yusuf mansur