Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

PESAN RASULULLAH : JAGALAH AMARAHMU



Rasulullah bersabda, “Orang yang kuat bukanlah orang yang menang dengan gulat, tapi orang yang kuat adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah” (HR Al-Bukhari dn Muslim).

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah, wasiatilah saya.” Rasulullah bersabda, “Jangan marah.” Laki-laki tersebut berkata, “Saya berfikir ketika Rasulullah telah mengatakan demikian, ternyata saya mendapatkan bahwa marah itu merupakan sumber dari seluruh keburukan” (HR Ahmad).

‘Umar bertanya kepada Rasulullah, “Apa yang akan menyelamatkanku dari murka Allah?” Rasulullah menjawab, “Jangan marah.”

‘Aisyah berkata, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah Mahalembut dan memberikan pada kelembutan apa yang tidak diberikan pada kekerasan atau tidak diberikan pada yang lain” (HR Muslim).

Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu diciptakan dari api, dan seseungguhnya api itu dipadamkan dengan air. Jika seseorang di antara kalian marah, hendaknya berwudhu” (HR Abu Dawud).

Tubuh mnusia sesungguhnya terdiri dari unsur-unsur alam yang telah Allah berikan, meski ini bisa jadi perumpamaan yang tidak bisa dijelaskan secara harfiah. Misalnya begini, ketika ada seseorang marah, Rasulullah berpesan agar ia segera berwudhu karena marah itu berasal dari setan, dan setan terbuat dari api, api bisa dipadamkan dengan sejuknya air wudhhu. Hal ini jelas, ketika berwudhu, kita berniat menyucikan diri hingga bersih. Bersih dari debu, kotoran, pikiran-pikiran jahat, termasuk rasa marah. Karena saat berwudhu, kita sedang mengingat Allah. Mengingat betapa Maha Penyayang dan Pengasihnya Allah.

Oleh sebab itulah, Rasulullah mengajak kita berwudhu ketika sedang marah. Karena ketika marah, yang terbersit dalam pikiran adalah rasa benci dan tidak suka. Seketika itu pula hilanglah rasa menyayangi dan mengasihi dalam diri manusia. Dengan mengingat Allah Yang Maha Penyayang dan Pengasih (Al-Rahman dan Al-Rahim), akan luluhlah rasa marah orang tersebut.

Kaitannya dengan kesehatan adalah ketika seseorang tidak mampu menahan amarahnya terus-menerus, lama-kelamaan akan terjadi ketidakseimbangan hormon.

Ketika hormon dalam tubuh tidak seimbang, akan timbul masalah bagi kesehatan tubuhnya. Saat seseorang melampiaskan amarah, ia ibarat api yang tengah berkobar dan membara, dengan sendirinya orang tersebut akan berusaha membuang bara api kepada orang lain. Tentu saja orang lain akan merasakan hal tidak enak yang luar biasa.

Rasa marah biasanya terjadi karena kita menganggap orang lain telah berbuat kesalahan terhadap kita. Kita cenderung ingin melampiaskan rasa yang diakibatkan orang lain tersebut. Biasanya rasa marah akan terusmenerus ada dan seakan menuntut sebuah pelampiasan. Lalu, bagaimana mengatasinya? Caranya dengan menahan rasa marah tadi. Hal ini kadang sulit dilakukan. Jalan satu-satunya agar rasa marah dapat diredakan adalah denganmemaafkan.

Saat memaafkan, sesungguhnya kita sedang melepaskan energy kesejukan, kedamaian, dan ketenangan. Perasaan itu juga dirasakan oleh orang yang kita maafkan. Kebiasaan memaafkan inilah yang akan membuat seseorang merasa bahagia.

Jadi, banyak-banyaklah meminta maaf, baik kepada orang yang berbuat salah kepada kita maupun kepada orang yang menyakiti kita, agar dalam hidup, hati senantiasa merasa tenang dan penuh kedamaian.

Berdasarkan penelitian, emosi marah yang berlebihan bisa mengakibatkan ribuan sel otak mati. Saat seseorang marah-marah, sedikitnya 500 sel saraf otak akan mati. Artinya, jika dalam satu hari seseorang marah berkali-kali, ribuan sel otaknya akan mati


bisnis baru ustad yusuf mansur