Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

PUASA yang MENYEHATKAN

Salah satu cara untuk menjaga kestabilan emosi sepanjang hari yang paling mujarab adalah dengan berpuasa. Puasa sejak dulu telah dikenal sebagai salah satu terapi detoksifikasi terbaik. Alasannya, ketika seseorang berpuasa, tubuh akan mengalami proses perbaikan dan regenerasi sel-sel secara umum. Keutamaan puasa dalam dunia medis pun telah diakui. Akhir-akhir ini pengobatan medis barat juga semaikn gencar menyarankan kepada pasien untuk berpuasa, sebagai cara paling efektif untuk menggelontor atau membersihkan berbagai racun dalam tubuh.

Nah, sebagai umat muslim, Alhamdulillah kita telah terlatih untuk melakukan puasa selama satu bulan penuh ketika ramadhan. Selain itu, ada pula puasa-puasa yang lain yang disunahkan, seperti senin-kamis, puasa Arafah, puasa 3 hari tiap pertengahan bulan, dan lainnya. 
Sains modern membuktikan bahwa tubuh manusia memiliki gen pertumbuhan IGF-1 yang sejalan dengan usia pertumbuhan manusia. Gen inilah yang menyebabkan penuaan. Nah, bagi siapapun yang selnya sudah karatan, sebaiknya berpuasa. Supaya sel-sel yang sudah karatan tadi dapat berkurang. Dengan begitu, umur bisa lebihdihemat. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa puasa dapat menghemat pertumbuhan gen sehingga orang-orang yang berpuasa dapat dipastikan akan memiliki sel tubuh yang sesuai dengan umur aktualnya. Berbeda dengan mereka yang sel-selnya karatan, pertumbuhan selnya akan melebihi umur sebenarnya.
 
Ahli berkebangsaan Jepang mengatakan bahwa lapar itu dapat membuat sehat. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan hidup kurang sehat atau buruk, sebaiknya segera kembali ke jalan yang benar, jalan hidup yang baik, salah satunya adalah dengan berpuasa.

Belakangan ini, dunia diet dikejutkan dengan berita adanya pola diet 5:2, yaitu program dirt yang oleh para ilmuwan diyakini mampu mengaktifkan gen-gen anti penuaan. Program tersebut memberlekukan berpuasa selama 2 hari dalam seminggu. Selain itu, puasa juga mampu mempercepat proses pembakaran lemak sehingga akan sangat baik bagi mereka yang berkelebihan berat badan.

Penelitian yang dilakukan oleh Baltimore National Institute on Aging juga menguatkan keutamaan puasa, yaitu dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Bagi mereka yang belum faham, Rasulullah juga memiliki program detox. Yaitu, peluruhan racun dari dalam tubuh yang dilakukan dengan cara berpuasa serta berbekam tanggal 17, 19, atau 21. Sehingga kita total dalam satu bulan ada 11 hari puasa. Subhanallah, jika hal itu dilakukan, insyaAllah, kita akan sehat. Seperti hadis riwayat berikut, “Berpuasalah kamu supaya sehat tubumu” (HR Al-Bukhari). Masih banyak lagi kebiasaan Rasulullah Saw. yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah bersiwak (yang dapat mencegah caries dan berefek ke beberapa organ penting seperti jantung, serta mempu meningkatkan fungsi pencernaan yang akan berdampak pada kesehatan organ pencernaan), mencukur bulu kemaluan karena di sanalah parasit sacroptes scabiei akan berkembang biak, serta memotong kuku. Bukankah sunnah fitrah yang diajarkan islam itu ada lima, yaitu khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan memendekkan kumis (HR Al-Bukhari, Muslim, Al-Tirmidzi, Al-Nasa’I, Abu Dawud, Ibn Majah, Imam Ahmad, dan Imam Malik).


bisnis baru ustad yusuf mansur