Obat Asam Urat dan Awet Muda

Obat Asam Urat dan Awet Muda
Obat Asam Urat dan Awet Muda

Selasa

SHALAT TAHAJUD BIKIN SEHAT

bangun sebelum subuh atau dini hari untuk qiyamul lail. Pada waktu yang hening tersebut, kita akan merasa Allah menjadi sangat dekat. Maka, bangun dan shalatlah! Sebab, doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut, kemungkinan akan terkabulnya lebih besar.
“Pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Iasra’ [17];79)
“Rabb kita turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia lalu berfirman, “Barang siapa berdoa, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar.” (HR Al-Bukhari [1145] dan Muslim [758])
Salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah adalah shalat tahajud. Mengapa? Banyak sekali anjuran yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya agar mukmin bisa benar-benar merasakan manfaat dari shalat ini, yang kemudian dilanjutkan dengan kedudukan mulia yang Allah akan berikan dengan shalat tahajud ini.
Lalu pertanyaannya, apakah shalat tahajud bikin sehat? Kita simak ulasan berikut. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan seorang ilmuwan di Surabaya yang bernama Dr. Sholeh, ia menemukan bahwa ternyata pada tengah malam, ketika seseorang melakukan sahalat tahajud, terjadi peningkatan hormone-hormon “tenang”. Hormone-hormon ini ternyata mampu memberikan semacam “relaksasi” pada tubuh manusia. Meningkatnya hormone ini juga membuat berkurangnya hormone stress pada tubuh manusia.
Artinya, peningkatan pada hormon-hormon ini akan memberikan efek, yaitu meningkatnya sel-sel kekebalan tubuh. Jadi, seseorang yang melaksanakan shalat tahajud akan mampu merasakan proses “reparasi” atau perbaikan sel yang terjadi pada tubuhnya. Semakin ikhlas ia melaksanakan shalat tahajud, semakin besar pula terjadi peningkatan kekebalan tubuhnya.
Orang-orang yang melaksanakan shalat tahajud adalah orang-orang yang secara fisik kuat dan secara ruhiyah lebih kuat lagi. Kenapa? Karena mereka sangat in line dan on line dengan Allah. Saat Allah “turun” ke langit dunia, mereka dapat berkomunikasi langsung dengan Allah, seperti sosok pemimpin Negara besar yang menjumpai rakyatnya pada tengah malam. Tiada seorang pun yang tahu, kecuali si pemimpin dan rakyatnya tadi. Waktu tersebut hanya milik pemimpin dan rakyatnya yang sedang melaksanakan shalat tahajud. Maka, betapa bahagia dan senangnya rakyat itu karena pemimpinnya telah mengabulkan permohonannya. Dia adalah seorang pemimpin yang baik dan dermawan. Bagaimana dengan Allah? Kedermawanan-Nya melebihi siapa pun di alam semesta ini. Ini adalah peluang besar, privilege besar, dari Allah untuk hamba-hamba-Nya yang mau mengorbankan waktu tidurnya.
KAJIAN ILMIAH TENTANG SHALAT TAHAJUD
1. Dr.Abdul Hamid Diyab dan Dr.Ahmad Qurquz mengatakan, “Shalat malam dapat meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak, dan organ-organ tubuh lainnya. Karena orang yang bangun dari tidurnya pada malam hari, berarti menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan terlalu lama, yang merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Aktivitas shalat malam untuk menghadap Allah Sang Pencipta akan menenangkan hati dari segala kegundahan dan kegelisahan hidup yang di alami.
2. Bangun malam dapat menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung pada usia tua. Dalam salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang-orang yang terbiasa shalat malam relativ lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung daripada orang-orang yang tidak shalat malam.
3.  shalat tahajud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar, dan memiliki pengaruh terhadap kejiwaan yang dapat digunakan sebagai strategi penaggulangan adaptif pereda stress. Sebagaimana juga dijelaskan dr.M.Sholeh bahwa stress punya pengaruh besar terhadap ketahanan tubuh seseorang. Dan stres, baik fisik maupun psikis menyebabkan terjadinya pengeluaran cairan tubuh (hormone) cukup banyak dan penguapan dari tubuh yang lebih cepat.
4. dalam bidang bio-teknologi, shalat tahajud dapat dimanfaatkan untuk meningkatakan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kenker. Dalam bidang ini pula, shalat tahajud dapat meningkatkan respon emosional positif yang efektif dalam menegakkan anatesi prabedah.
5. shalat tahajud yang dikerjakan dengan penuh kesungguhan, khusyuk, tepat, ikhlas, dan kontinyu diyakini dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif. Dan respon emosi positif (positive thinking) dapat menghindarkan reaksi stress.


bisnis baru ustad yusuf mansur